Advertise

Jika Rumah Tak Kunjung Terjual

rumahjogjaBingung nih, rumah saya kok enggak laku-laku ya? Apakah hal ini juga anda alami saat menjual rumah? Tak sedikit orang yang mengalaminya, bahkan hingga hitungan tahun pembeli tak kunjung datang.

Memasang iklan di koran, majalah atau menggunakan agen property tidak menjadi jaminan bahwa rmah anda akan cepat terbanyak hal yan menjadi penyebab, salah satunya adalah masalah harga.

Tak sulit menemui rumah dengan harga yang menjulang tinggi di lokasi yang jauh dari kesan elite. Banyak pemilik rumah tidak menyadari hal ini dan hanya memperhitungkan keuntungan. Namun alih-alih mendapat untung, rumah tersebut justru tidak laku karena kehilangan pembeli potensial.

Sementara itu, bila harga yang ditawarkan lebih rendah dari harga pasar memang bisa menarik banyak peminat. Namun jangan lupa juga, terkadang bisa timbul asumsi negative dari pembeli bahwa ada sesuatu yang salah pada rumah tersebut bil aharga yang ditawarkan terlalu rendah. Lagipula, bukankah bila akhirnya rumah laku terjual dengan harga di bawah rata-rata, Anda dapat dianggap merugi karena seharusnya bisa memperoleh lebih. Serba salah, bukan?

Itu sebabnya dibutuhkan pertimbangan yang cermat dan matang sebelum menentukan harga rumah untuk menghindari hal-hal tersebut diatas. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan antara lain lokasi rumah, harga pasaran di lokasi tersebut, lingkungan social, fasilitas infrastruktur maupun fasilitas yang dimiliki rumah seperti adanya perangkat AC, water heater, dan lain-lain.

Semakin lengkap fasilitas yang dimiliki atau semakin strategis lokasi sebuah rumah dapat mendongkrak nilai jualnya. Cobalah meminta perkiraan harga jual ini dari tiga agen yang berbeda dan bandingkan nilainya. Bila sudah ada calon pembeli yang berminat, ingatlah faktor-faktor penting yang menjadi nilai plus dari rumah Anda, misalnya rumah yang tertata rapi dan dalam kondisi baik, memiliki pendingin udara di setiap kamar atau lokasi rumah yang strategis. Hal ini bisa menjadi pegangan bagi Anda saat melakukan negosiasi dengan calon pembeli agar harga yang disepakati pun tidak turun terlalu jauh dari yang ditawarkan.

Sumber : Rumah-ku.com

0 Response to "Jika Rumah Tak Kunjung Terjual"