Advertise

Tips Blogspot : Backup Data Posting

Membuat web blog baik untuk catatan harian pribadi ataupun untuk keperluan bisnis skala kecil sangat mudah saat ini dengan fasilitas gratis melalui blospot.com/blogger.com. Disamping kemudahannya/user friendly juga karena didukung oleh raksasa situs pencari (google search) dan afiliasi penghasil uang online terbesar saat ini (adsense & adword). Juga kebebasannya tanpa adanya batasan ruangan/space data kita, yang membuat banyak orang yang memanfaatkan fasilitas ini untuk web bisnis ataupun web pribadi.


Cuman "sedikit" sayangnya, akhir-akhir ini sudah mulai ada pengetatan mengenai konten/materi yang boleh ditayangkan. Konten-konteng yang berbau dewasa haruslah memberikan "warning" atau peringatan bawah konten yang akan diakses adalah konten dewasa. Kemudian adanya mesin blogspot yang mendeteksi keberadaan posting otomatis/robot yang dianggap konten spam. Untuk posting ini biasanya user membuat script/program tertentu yang akan memposting otomatis data ke server blogspot, yang biasanya mengarah ke tindakan spamming, phishing atau malware link.

Yang terkadang postingan kita yang menggunakan fasilitas "schedulling" blogspot dianggap robot ataupun spamming, sehingga mesin blogspot otomatis akan membekukan akun kita seperti gambar dibawah ini :



Sebenarnya kita bisa memulihkan askses melalui link yang tersedia, tetapi sering banyak gagalnya. Akses ke web kita sudah dibekukan. Terkadang juga, sub domain yang sudah pernah kita pakai dibuka lagi untuk umum setelah dibekukan sehingga bisa diambil oleh orang lain.



Langkah antisipasi agar kita tidak kehilangan data yang pernah kita postingkan adalah secara rutin, mungkin 1 bulan sekali kita backup data kita di blogger. Langkah-langkah membackup data dari blogger seperti berikut :


1. Setelah kita masuk di "Dashboard" blogger admin
Perhatikan menu link disebelah bawah pengaturan masing-masing blog kita, pilih menu link pengaturan seperti gambar berikut:



2. Kemudian pilih "Expor Blog" :



3. Klik Unduh blog :



4. Tentukan lokasi penyimpanan "Backup anda" yang nanti sewaktu-waktu akan kita ambil datanya (import blog) :



5. Done, Anda sudah mempunyai backup posting terbaru blog anda



Langkah-langkah mengambil Data backup anda


Seandainya blog anda dibekukan seperti kejadian diatas, anda bisa membuat blog baru lagi di blogger/blogspot dengan subdomain yang mirip dengan blog anda sebagai berikut :


1. Hampir mirip dengan ekpor blog anda, Setelah kita masuk di "Dashboard" blogger adminPerhatikan menu link disebelah bawah pengaturan masing-masing blog kita, pilih menu link pengaturan seperti gambar berikut:



2. Pilih Sumber/Source "backup data" yang pernah anda simpan



Untuk selanjutnya ikuti tahapan yang ada, anda akan mendapatkan hasil postingan seperti yang pernah anda backup sebelumnya.
Jangan lupa, backyp data posting blogspot anda secara teratur.

0 Response to "Tips Blogspot : Backup Data Posting"