Advertise

Buat Video Sederhana : CamStudio

Sebenarnya banyak cara membuat video yang bisa diupload ke youtube. Yang paling mudah memang menggunakan kamera ponsel kita. Tetapi memang tergantung apa hasil yang ingin dicapai, apakah berupa kreatifitas eksplorasi  bakat kita masing-masing seperti video Briptu Norman, shinta jojo yang akhirnya menjadi terkenal. Atau video/animasi yang kita hasilnya sekedar hanya untuk promosi website/produk/dagangan/info jasa dsb.


Nah seperti tutorial terdahulu Cara Buat Video Sederhana untuk Youtube menggunakan bawaan program windows kita "Windows Movie Maker", kita akan memanfaatkan program kecil tapi powerfull dan gratis alias free bernama Camstudio. Program ini bisa di download melalui website ini , Kegunaannya untuk membuat video tutorial dari screen monitor kita.


CamStudio dapat merekam semua layar dan aktivitas audio pada komputer Anda dan menciptakan standar-industri file AVI video dan menggunakan built-in SWF Producer dapat nonaktifkan Avis menjadi ramping, artinya, bandwidth-friendly Streaming video Flash (SWFs)

Setelah kita download dari alamat tersebut di atas, kita jalankan instalasi program yang besarnya kurang lebih hanya 1,3 MB. Kita ikutu step by step proses instalasinya sampai selesai. Ada 5 program yang tersedia yaitu camstudio, Movie Player, Movie Player 2.1, SWF Producer.


Jalankan program Camstudio, untuk penggunaan maksimal kita atur dulu Region >> pilih  Full Screen untuk tampilan penuh layar monitor kita
biarkan opsi-opsi yang lain seperti default/standarnya.
Perhatikan juga menu Keyboard Shortcut pada menu Option >> Keyboard Shortcut
F8 untuk Record/Pause
F9 untuk Stop key
F10 untuk cancel Recording


Kita akan mencoba membuat tutorial membuat blog di blogger dengan Camstudio, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Jalankan Program Camstudio, kemudian minimize sehingga iconnya hanya terlihat di task bar bawah,

  2. Sebaiknya setting taskbar auto hide, klik kanan task bar centang opsi auto hide

  3. Buka jendela browser anda

  4. Untuk mulai merekam screen anda tekan F8 untutmulai merekam

  5. Jalankan step-by-step tutorial membuat blog di blogger

  6. Jika dirasa sudah cukup tekan F9 untuk menghentikan recording

  7. Otomatis akan diminta tempat menyimpan hasil record anda

  8. done, dengan format video .avi


Langkah selanjutnya adalah mengupload ke youtube.
Untuk tutorial uplod video silahkan buka halaman ini

Hasilnya seperti terlihat berikut :

1 Response to "Buat Video Sederhana : CamStudio"

  1. [...] CamStudio dapat merekam semua layar dan aktivitas audio pada komputer Anda dan menciptakan standar-industri file AVI video dan menggunakan built-in SWF Producer dapat nonaktifkan Avis menjadi ramping, artinya, bandwidth-friendly Streaming video Flash (SWFs) Read the rest of this entry » [...]

    BalasHapus